Mesin Pulper Mesin Pengolah Biji Kopi Arabika Berkualitas

Mesin Pulper Mesin Pengolah Biji Kopi Arabika Berkualitas

Mesin Pulper – Secangkir kopi yang dihasilkan dengan melalui proses yang tentunya sangat panjang. Mulai dari cara/metode budidaya, pengolahan dari pasca panen sampai ke penyajian akhirnya. Hanya biji dari kopi yang berkualitas, secangkir kopi dengan cita rasa yang  tinggi dapat tersaji di atas meja kita.

mesin pulper

Proses dengan metode basah dengan mesin pulper sering juga dipakai untuk mengolah biji dari kopi arabika. Alasannya, sebab jenis kopi ini akan dihargai dengan cukup tinggi. Sehingga biaya untuk pengolahan yang akan dikeluarkan masih sebanding juga dengan harga yang nantinya akan diterima.

Berikut ini adalah tahapan untuk pengolahan biji kopi dengan melalui proses basah.

  • Melakukan sortasi buah kopi

Setelah biji kopi itu dipanen, maka segeralah untuk melakukan sortasi. Pisahkan biji kopi dari kotoran, buah yang berpenyakit dan juga buah cacat. Pisahkan juga buah yang warnanya merah dengan warna kuning ataupun hijau. Pemisahan untuk buah yang mulus dan memiliki warna merah/buah superior dengan yang lainnya yakni buah inferior yang nantinya berguna dalam membedakan kualitas dari biji kopi yang akan hasilkan.

  • Proses pengupasan kulit buah dengan mesin pulper

Kupas kulit dari buah kopi, disarankan untuk menggunakan bantuan mesin pulper. Selama pengupasan buah, alirkan air dengan terus menerus ke dalam mesin pengupas itu.

Fungsi dari pengaliran air adalah untuk melunakkan jaringan yang ada pada kulit buah agar bisa terlepas dari bijinya. Hasil proses dari pengupasan kulit buah yakni biji kopi yang mempunyai kulit tanduk, atau dapat disebut dengan biji kopi HS.

  • Lakukan fermentasi dari biji kopi HS

Terdapat 2 cara, pertama adalah merendam biji kopi pada air bersih. Yang kedua, dengan menumpuk biji kopi basah pada bak semen ataupun bak kayu, kemudian atasnya diberi tutup dengan memakai karung goni yang selalu harus dibasahi.

  • Lakukan pengeringan dari biji kopi HS

Proses pengeringan dapat dilakukan dengan menjemur ataupun dengan menggunakan mesin pengering. Untuk langkah penjemuran, tebarkan semua biji kopi HS itu di atas lantai untuk jemur secara merata. Ketebalan biji kopi yang ada sebaiknya tidak melebihi dari 4 cm. Balik biji kopi itu secara teratur terutama pada saat masih keadaan basah.

  • Lakukan pengupasan kulit tanduk

Pengupasan dapat ditumbuk ataupun dengan menggunakan mesin pengupas/huller. Sangat dianjurkan untuk menggunakan mesin agar dapat mengurangi dampak kerusakan biji kopi. Hasil dari pengupasan di tahap ini disebut dengan biji kopi beras/green bean.

  • Lakukan sortasi akhir dari biji kopi

Langkah selanjutnya yakni sortasi akhir biji kopi beras itu. Yang tujuannya adalah untuk memisahkan kotoran dan juga dari biji yang pecah. Selanjutnya, biji kopi dapat dikemas dan kemudian disimpan sebelum nantinya didistribusikan.

5 tanggapan untuk “Mesin Pulper Mesin Pengolah Biji Kopi Arabika Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *